Jumat, 19 April 2013

Fritzing

 

Fritzing adalah software gratis yang digunakan oleh desainer, seniman, dan para penghoby elektronika untuk perancangan berbagai peralatan elektronika.

Biasanya sebelum menggunakan program fritzing mereka akan membuat sebuah prototype dengan menggunakan komponen elektronika yang sebenarnya.

Prototype ini dibuat di atas papan breadboard sehingga jika terjadi kesalahan mudah diperbaiki. Selain itu juga bisanya dihubungkan dengan arduino jika prototype tersebut memerlukan program tambahan. Setelah prototype jadi dan tidak terdapat kesalahan maka dibuat rancangan dengan program .

Cara penggunaan program fritzing juga sangat mudah. Kita hanya tinggal meniru prototype yang sudah dibuat pada software fritzing. Drag and drop komponen yang disediakan pada software fritzing pada area kerja. Komponen yang disediakan pun lumayan lengkap, dari komponen dasar seperti resistor dan kapasitor sampai komponen yang lebih kompleks semisal ic dan berbagai mikrokontroller.

Tampilan softwarenya seperti berikut:

frt1

Dalam pembuatan skema dan jalur Pcb  dapat dilakukan software ini secara otomatis kita tinggal klik pada tab schematic/pcb untuk melihatnya. Juka jalur skema maupun jalur pcb masih belum sesuai dengan yang kita inginkan tinggal klik tombol reroute untuk menyesuaikannya.

fritzing2

frt3

berikut ini adalah penjelasan video dari website aslinya

 

sumber : fritzing.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar