Selasa, 30 April 2013

Speaker dari Hardisk Bekas

 

Jika di rumah memiliki hardisk rusak, jangan buru-buru dibuang. Kita masih bisa menggunakannya untuk “bermain-main”. Kali ini kita akan murubah sebuah hardisk menjadi sebuah speaker.

Ok, langsung saja kita praktekkan daripada penasaran.

Pertama-tama kita kita perlu membongkar hardisk bekas yang sudah tidak terpakai/rusak. Untuk membukanya kita memerlukan obeng dengan mata obeng berbentuk bintang dengan ukuran T8 dan T7.

letak baut

IMG_20130428_081844

gambar bagian dalam hardisk:

IMG_20130428_082402

Hilangkan bagian yang diberi tanda panah dan juga bagian piringan hardisk. Untuk mengangkat bagian piringan hardisk kita gunakan mata obeng ukuran T7.

 

Angkat magnet agar kita bisa mengambil lengan pembaca. Hati-hati dalam mengangkat magnet karena magnet dalam hardisk sangat-sangat kuat. Kalau tidak hati-hati tangan bisa terjepit.

Setelah itu kita solder bagian lengan pembaca dengan dua buah kabel.

Jika sudah kita tempatkan lengan pembaca dan magnet seperti semula.

IMG_20130428_083338

Terakhir, kita hubungkan kabel dengan amplifier atau dengan arduino seperti pada proyek sebelumnaya (Memainkan Ringtone pada Arduino).

video hasil tutorial

2 komentar:

  1. cara kerjanya kaya speaker gan, pake magnet dan kumparan namun bedanya kalo pada speaker yang digerakkan kumparannya adalah membran, pada hardisk yang digerakkan kumparan adalah lengan pembaca.

    BalasHapus