Rabu, 24 April 2013

Modifikasi Kamera Nexian Ultra Journey NX-A891

 

Handphone nexian A-891 atau nama lainnya adalah nexian ultra journey. Adalah salah satu handphone android generasi awal dari vendor handphone s-nexian. Handphone ini dibekali dengan kamera primer 3 megapixel. Kamera dengan sensor sebesar ini sudah lebih dari cukup untuk mengabadikan momen sehari-hari maupun untuk bernarsis ria. Namun kali ini kita akan memodifikasi agar kamera dari handphone ini bisa digunakan untuk fotografi makro selain itu juga menghasilkan efek DOF atau bokeh.

Pertama tama kita siapkan peralatan yang akan kita gunakan yaitu obeng set. Untuk membongkar nexian ultra journey kita membutuhkan mata obeng plus (+) dengan ukuran 1.7.

gambar obeng set yang digunakan.

 

Kemudian  bagian yang paling penting yaitu lensa bekas dvd rom/ cd rom.

stock-footage-cd-reader-inside-view-inserting-reading-and-ejecting-the-cd-rom

Bongkar bagian yang dilingkari karena di dalamnya terdapat lensa yang kita butuhkan, Letaknya berada di depan laser dioda. (pada gambar tidak terlihat).

Kita buka casing belakang hp, kemudian kita buka baut yang berjumlah 4 buah dengan obeng. Letak baut ditunjukkan oleh tanda panah pada gambar di bawah.

Buka body handphone bagian tengah, saya menggunakan cutter sebagai bantuan karena antara casing bagian depan dan bagian tengah sangat rapat. Gunakan bagian tajam dari cutter. Hati-hati! agar tidak merusak body handphone.

Setelah sedikit terbuka telusuri bagian yang sudah terbuka dengan kuku jari atau bekas sim card sepanjang body hp.

Setelah terbuka perhatikan gambar di bawah.

Bagian yang diberi tanda panah berwarna merah merupakan karet yang melindungi kamera dari debu. Kita hilangkan bagian ini, gunakan bantuan obeng minus. Letakkan lensa bekas dvd/vcd rom di bagian dimana karet pelindung kamera sebelumnya berada.

gambar lensa dan karet pelindung kamera

gambar lensa telah terpasang di tempatnya

Langkah terakhir, rakit kembali handphone seperti semula. Selesai!

Peringatan!!! Segala kerusakan perangkat yang disebabkan karena mengikuti tutorial ini bukanlah tanggung jawab saya. Jadi sebelum anda mengikuti tutorial ini silahkan dipikirkan baik-baik segala resikonya.

contoh gambar yang diambil dengan kamera hasil modifikasi

IMG_20130414_060234

IMG_20130415_075514

IMG_20130415_150158

6 komentar:

  1. iya gan, biar fotonya bisa keluar efek bokeh

    BalasHapus
  2. gan itu cara pasang lensa nya gimana??

    BalasHapus
  3. tinggal pasang aja gan, itu tekstur bodi hp dah pas sama lensa. Ato dikasi lem bakar di sekeliling lensa biar lebih mantap.

    BalasHapus
  4. Sebenarnya tidak perlu di bongkar, tapi tempelkan saja pada luar kamera, bisa di paqgpang pada jepitan rambut, trus d solasi pada body, jadi tidak akan merusak hp

    BalasHapus
  5. pake cara kangmas ibnu bani boleh juga, tapi yang ga suka narsis dan suka oprek-oprek hp bisa pake cara saya hehe...

    BalasHapus